fbpx

Sangat mudah tentunya menyukai konsep sebuah pernikahan outdoor, apalagi dibandingkan dengan sebuah konsep yang diadakan di dalam sebuah gedung dengen ruang tertutup dan terbatas oleh dinding. Karena tidak mungkin tidak menyukai sebuah pemandangan yang menakjubkan ketika dikombinasikan dengan suasana santai yang hangat dengan orang-orang tercinta? Tidak perlu menggunakan dekorasi yang berlebihan, apapun konsep warna yang Anda gunakan, sebuah venue outdoor dapat diubah sesuai dengan keinginan dan memikat hati para tamu undangan.

Tetapi, dalam merencanakan sebuah pernikahan outdoor diperlukan prepare serius karena harus memberikan perhatian khusus, terutama pada kebutuhan yang tak terduga. Maka, tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu, apakah sebuah pernikahan outdoor merupakan pilihan tepat untuk Anda?

Haruskah Anda menggelar pernikahan outdoor?

Menikah di tengah pemandangan alam yang menakjubkan tentunya menjadi pilihan yang sungguh menggoda. Tetapi bagi sebagian orang banyak yang lupa bahwa di balik keindahan pernikahan tersebut dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang. Ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan Anda dibawah ini.

Kelebihan :

  • Keindahan alami
    Tanpa perlu diragukan lagi, Anda yang menyukai alam pasti akan mengidolakan pernikahan outdoor. Bagaimanapun juga tidak ada dekorasi yang dapat mengalahkan pemandangan alam yang natural. Jika venue Anda sudah indah secara alami, Anda tidak perlu banyak menghabiskan anggaran pada dekor. Anda cukup memasukkan unsur-unsur alami untuk menambahkan sentuhan organik pada acara Pernikahan tersebut.
  • Tempt yang lapang
    Sebuah venue outdoor yang tidak dibatasi dinding tentu dapat menampung lebih banyak tamu undangan. Faktanya, pernikahan Anda akan menjadi lebih nyaman bagi mereka yang membawa anak-anak karena mereka dapat berlari dengan bebas tanpa harus membentur sesuatu. Tentu saja, hal ini tergantung pada venue pilihan Anda.
  • Nuansa casual dan santai
    Kebanyakan venue indoor, seperti Gedung dan ballroom  memiliki nuansa formal yang tidak selamanya sesuai dengan kepribadian setiap pasangan. Sebuah pernikahan outdoor dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang memimpikan konsep yang cantik namun santai.

Kekurangan :

  • Cuaca tak terduga
    Yang dapat Anda bayangkan, cuaca menjadi hal pertama yang harus Anda khawatirkan ketika merencanakan pernikahan outdoor. Sebuah hujan atau udara yang panas dapat membuat para tamu undangan tidak nyaman, bagaimanapun cantiknya acara pernikahan Anda. Itulah mengapa pemilihan musim menjadi faktor utama dan juga, jangan lupa untuk membuat plan B meskipun dapat menguras biaya lebih banyak.
  • Biaya ekstra
    Hal-hal kecil yang dibutuhkan pada pernikahan berkonsep outdoor bisa menambahkan biaya, lebih mahal dari perkiraan awal. Penyewaan tenda, toilet portabel, generator, AC, dan masih banyak lagi. Jika venue Anda terlalu lapang dan kosong, Anda juga perlu menambahkan dekorasi dan cahaya. Jadi ketika membandingkan venue indoor dan outdoor, jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan seperti ini.

Berikut ini kami bagi tips-tips untuk Anda yang ingin merencanakan pernikahan outdoor :

  • Berikan info yang jelas pada tamu Anda, Tamu Anda harus tahu tentang konsep pernikahan Anda. Informasikan kepada tamu Anda terlebih dahulu tentang pernikahan outdoor Anda, bisa di Infoman di undangan atau Anda infokan secara pribadi sehingga mereka dapat memilih pakaian yang tepat dan menyiapkan seperti konsep yang Anda infokan.
  • Cuaca tidak dapat diprediksi, jadi jangan sampai Anda membuat keputusan ceroboh untuk mengambil resiko dengan cuaca.
  • Carilah sepatu yang cantik namun nyaman, Banyak pilihan sepatu pernikahan. Pilihlah sepasang flat atau wedges cantik. Jika konsep Anda santa todas ada salahnya memilih model sandal yang catnip.
  • Saat mengadakan pernikahan outdoor, sewa tenda atau pilih tempat teduh untuk menghindari terik matahari. Sebagai alternatif, cobalah menyiapkan beberapa area yang teduh sehingga para tamu dapat berbaur sambil menikmati pesta.
  • Jangan lupa menyediakan toilet, Ada pasangan yang mengadakan pernikahan outdoor di halaman belakang rumah mereka, pasangan lain ada yang memilih tempat yang jauh di suatu tempat terpencil. Karena fasilitasnya tidak begitu lengkap, jangan lupa sediakan toilet yang layak agar para tamu Anda nyaman selama acara.
  • Rencanakan Plan B dan C, itulah mengapa sangat penting untuk memiliki rencana cadangan. Jangan pernah meremehkan Plan B mungkin juga Plan C jika terjadi keadaan darurat pada hari pernikahan, entah itu menyewa tenda atau menyiapkan tempat alternatif.
  • Jangan bikin acara di bawah sinar terik matahari, sebuah pernikahan di bawah langit cerah pasti terdengar menakjubkan, hingga tamu Anda mulai berkeringat di teriknya matahari. Jangan biarkan tamu kepanasan, pertimbangkan untuk menyelenggarakan pernikahan Anda di sore atau malam hari.
  • Salah satu hal yang paling menarik dari pernikahan outdoor adalah pemandangan yang indah. Maksimalkan suasana alam dengan beberapa dekorasi cantik di lokasi yang strategis.
  • Jangan terlalu hemat pada dekorasi. Harus selalu ada titik fokus di venue pernikahan Anda. Paling tidak, hiasi pelaminan dengan sentuhan yang cantik dan simple. Tidak perlu berlebihan, tatanan bunga bisa ditaroh di sepanjang jalan menuju pelaminan yang sudah cukup membuat konsep pernikahan Anda terlihat Amazing.

Related Posts

Persiapan Foto Pre-Wedding Hampir semua pasangan yang akan menikah pasti sudah merencanakan untuk...

Jangan anggap remeh tugas persiapan pernikahan, banyak hal-hal berat yang sulit untuk dilakukan...

Peran fotografer tentu sangat penting untuk mengabadikan momen bahagia Anda. Sayangnya, menemukan...